Kunjungan Puspomad ke Disjarahad

Rabu, 12 Jan 2022, 07:50:57 WIB, 12 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Bandung, Rabu tanggal 5 Januari 2022 bertempat di ruang lobi Madisjarahad Jl. Belitung No. 6 Bandung, Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat (Disjarahad) menerima kunjungan/studi banding pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) Puspomad. Tim Puspomad yang terdiri dari 8 personel dipimpin oleh Irutum Puspomad Kolonel Cpm Zulkarnain, S.H. Kedatangan Tim dimaksudkan untuk saling bertukar informasi seputar penyelenggaraan pembangunan ZI di kedua satuan tersebut dengan harapan agar dapat saling melengkapi. Apalagi dihadapkan dengan akan segera dimulainya kegiatan penilaian ZI di lingkungan TNI AD pada TA 2022, diharapkan agar satuan Puspomad akan berhasil meraih WBK dan Disjarahad berhasil mewujudkan WBBM. Kiranya harapan tersebut tidak berlebihan, karena pada tahun sebelumnya Puspomad merupakan salah satu Satker TNI AD yang berhasil diajukan untuk mengikuti penilaian di tingkat TNI dan Nasional.
Melalui momen tersebut, Tim ZI Disjarahad menyampaikan gambaran tentang berbagai upaya yang telah dilakukan Satker Disjarahad dalam bentuk pembuatan berbagai inovasi yang berakibat pada semakin baiknya pelayanan yang diberikan kepada pihak-pihak yang memanfaatkan layanan Disjarahad. Untuk menyaksikan salah satu inovasi Disjarahad, maka Tim diajak ke lantai II untuk melihat ruang Pusat Informasi Kesejarahan (PIK) yang merupakan salah satu inovasi unggulan Disjarahad. Melalui PIK, pengunjung dapat menyaksikan data-data yang disajikan terkait pembinaan 5 fungsi sejarah yaitu dokumen sejarah, penulisan sejarah serta perpustakaan (Doklistaka) serta Museum dan Monumen serta tradisi (Musmontra).
Sebelum mengakhiri rangkaian kegiatan, Tim Puspomad diarahkan menuju ruang server Pusat Informasi Kesejarahan Angkatan Darat (SIKAD) yang juga merupakan inovasi unggulan terbaru Disjarahad. Melalui SIKAD, data-data kesejarahan yang ditampilkan bukan hanya yang ada di Madisjarahad melainkan juga menampilkan data-data kesejarahan yang ada di seluruh Bintaljarahdam yang tersebar di seluruh wilayah NKRI serta data-data kesejarahan yang ada di Seskoad, Akmil dan Secapaad.

Tuliskan Komentar