Buku Sejarah Peristiwa



CoverJudul Buku


PGRS & PARAKU


BOJONG KOKOSAN


BANDUNG LAUTAN API


OPERASI SEPARATIS GAM DI NAD


PALAGAN SURABAYA


OPSKAMDAGRI


OPERASI PENUMPASAN SEPARATIS PAPUA


OPERASI PEMBEBASAN SANDERA MAPENDUMA


PERANAN TNI AD DALAM PENANGANAN PERISTIWA TANJUNG PRIOK


TMMD


PALAGAN AMBARAWA


PALAGAN MEDAN


PALAGAN PALEMBANG


GPK WARMAN


MEWASPADAI PKI


PEMBERONTAKAN DI TII


PERJUANGAN BANGSA INDONESIA 1945-1949


PERANAN TNI AD DALAM PENYELESAIAN DARUL ISLAM ACEH


OPERASI PENANGANAN PRRI


Spesifikasi Buku :

     Pengarang               :  Tim Penulis Disjarahad (Letkol Caj Drs. Jeni Akmal, Letda Caj M. Ivan Harish, S.Sej., Perwita  Sari, S.S.,M.Hum.)

     Jenis Buku               :  Sejarah Peristiwa

     Tebal Buku               :  232 halaman

     Tahun Cetak             :  2024

Sinopsis Buku : 

    Penyusunan buku sejarah peristiwa berjudul “Operasi Penanganan PRRI, Suatu Tinjauan Historis” ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi juang prajurit dalam pelaksanaaan tugas. Dalam sejarah peristiwa keberhasilan prajurit dapat dijadikan contoh maupun tauladan bagi prajurit selanjutnya.

      Apabila dilihat latar belakang dan perkembangan gerakan PRRI di Sumatera Barat, maka dapat dilihat bahwa gerakan itu merupakan suatu akibat dari persoalan kalangan elit militer dan politik yang merasa tidak puas akan perkembangan pemerintahan bangsa dan negara. Gerakan itu telah menempati posisi yang unik lagi kompleks, baik dalam sejarah lokal Sumatera Barat maupun dalam sejarah Indonesia.

      Sejarah peristiwa PRRI mempunyai makna mendalam dalam perjalanan sejarah Bangsa Indonesia, khususnya dalam perjalanan perkembangan TNI AD. Dengan hadirnya buku sejarah peristiwa PRRI yang disusun oleh Dinas Sejarah TNI AD ini, diharapkan menjadi sumber rujukan untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca tentang sejarah perjuangan bangsa khususnya di wilayah Sumatera Barat.


DWI KOMANDO RAKYAT, KONFRONTASI INDONESIA MALAYSIA 1963-1965


Spesifikasi Buku :

          Pengarang : Tim Penulis Disjarahad (Bhekti Supriyanto, S.S., Perwita  

                                 Sari, S.S., M.Hum.)

         Jenis Buku : Sejarah Peristiwa

         Tebal Buku : 235 halaman

         Tahun Cetak : 2024

Sinopsis Buku : 

      Buku “Dwi Komando Rakyat, Konfrontasi Indonesia-Malaysia 1963-1965” yang disusun oleh Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat merupakan rekonstruksi sejarah peristiwa yang memiliki nilai strategis, selain sebagai pembelajaran, juga untuk memahami akar dan penyelesaian dari suatu peristiwa. 

          Peristiwa Dwikora terjadi dalam kurun waktu tahun 1962-1965. Peristiwa Dwikora merupakan bagian sejarah bangsa Indonesia yang harus diketahui oleh generasi muda pada umumnya maupun generasi muda TNI AD khususnya. Dalam peristiwa ini terdapat episode peran TNI AD yang sangat penting dalam mempertahankan eksistensi bangsa dari pengaruh bangsa lain. Ketika bangsa-bangsa di Asia Tenggara sedang menata pemerintahan setelah merdeka dan lepas dari penjajahan negara lain, timbul rencana pembentukan Federasi Malaysia oleh Inggris. Federasi Malaysia yang dibuat oleh Inggris ini merupakan bentuk kolonialisme baru terhadap negara-negara kecil yang akan dijadikan negara boneka. Dengan adanya rencana tersebut  maka  terjadi reaksi dari negara-negara yang baru merdeka dalam menanggapinya, terutama bangsa Indonesia yang ketika itu menjadi salah satu penggerak dan pelopor serta sebagai tumpuan harapan bagi negara-negara baru dalam memerangi imperialis apapun bentuknya.  

       Dalam penanganan peristiwa Dwikora ini banyak prajurit yang terlibat, tidak hanya prajurit TNI AD tetapi juga melibatkan semua kekuatan matra serta sukarelawan. Sementara itu, di sisi lain banyak prajurit yang belum mengetahui peristiwa tersebut secara komprehensif, Kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah khazanah referensi tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.