Profil Balaklisjarah



Badan Pelaksana Penulisan Sejarah Dinas TNI Angkatan Darat


Badan Pelaksana Penulisan Sejarah (Balaklisjarah) adalah salah satu unit kerja di Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat yang berlokasi di Jl. Belitung no.6 Bandung.


Dinas Sejarah TNI Angkatan Darat bertugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi sejarah di lingkungan TNI AD. Salah satu fungsi tersebut yaitu penulisan sejarah TNI AD yang dilaksanakan oleh Balaklisjarah. Pelaksanaan kegiatan penulisan tersebut meliputi penulisan sejarah peristiwa, sejarah biografi, dan sejarah satuan.


Kegiatan penulisan buku sejarah TNI AD dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Penerapan metode penelitian sejarah bertujuan untuk mendapatkan hasil tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis dan ilmiah. Tahapan metode tersebut yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi.


Sampai dengan saat ini Balaklisjarah telah menulis sekitar 90 judul buku. Adapun buku yang telah diterbitkan berjumlah 71 judul buku yang terdiri dari 27 judul buku sejarah peristiwa, 10 judul buku sejarah satuan, dan 34 judul buku sejarah biografi. Buku-buku tersebut kemudian didistribusikan ke satuan-satuan di jajaran TNI AD dan diluar TNI AD.