WASGIAT DISJARAHAD KE BINTALJARAHDAM XIII/Merdeka TA 2022

Minggu, 26 Jun 2022, 20:16:18 WIB, 374 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Subdisbinmusmontra Disjarahad melaksanakan Wasgiat di Bintaljarahdam XIII/Mdk pada TW II TA 2022 dari tanggal 21 s.d. 24 Juni 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kabintaljarahdam XIII/Mdk Letkol Inf Fransiskus H., S.H. dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kasubdisbinmusmontra Disjarahad Kolonel Inf Drs. Wardus Tamba, M.M. tentang maksud dan tujuan serta mekanisme pelaksanaan Wasgiat.
Kegiatan berikutnya pencerahan materi tentang pengelolaan Museum dan Monumen oleh Kabagbinmusmon Subdisbinmusmontra Disjarahad Letkol Inf Drs. Usman Sukisman, M.Hum., dan pencerahan Penyelenggaraan Tradisi di satuan oleh Kabagbintra Subdisbinmusmontra Disjarahad, Letkol Caj Drs. Prasetyo P. Setelah pencerahan materi terkait dengan pembinaan museum dan monumen, dan tradisi (Binmusmontra) dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis tentang penjabaran Progja Binmusmontra ke dalam bentuk Renlakgiat dan Laplakgiat oleh Kasubdisbinmusmontra Disjarahad Kolonel Inf Drs. Wardus Tamba, M.M. Selanjutnya anggota Bintaljarahdam XIII/Mdk yang mengawaki bidang Binmusmontra mengisi checklist yang disiapkan oleh tim Wasgiat.

Hari berikutnya Wasgiat dilaksanakan di Museum Perjuangan Kodam Merdeka yg terletak di Jalan Bethesda No. 78 Desa Sario Tumpuan, Kecamatan Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara untuk mengecek pengelolaan Museum di sana. Perlu disampaikan bahwa Museum Perjuangan Kodam Merdeka memiliki koleksi yang sarat dengan nilai-nilai perjuangan Kodam XIII/Mdk dalam merebut, menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Di sela-sela pengecekan koleksi museum Katim memberikan pencerahan terkait pentingnya administrasi pengelolaan koleksi museum, penataan koleksi berdasarkan storyline dan pemeliharaan koleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Di akhir kegiatan, Katim Wasgiat memberikan hasil Wasgiat Binmusmontra kepada para personel yang mengawaki Binmusmontra di Bintaljarahdam XIII/Mdk untuk ditindaklanjuti ke depan.

Tuliskan Komentar