WASGIAT DISJARAHAD di BINTALJARAHDAM VI/MLW

Rabu, 08 Jun 2022, 06:53:26 WIB, 176 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) merupakan Badan Pelaksana Pusat tingkat Mabesad yang bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi sejarah di jajaran TNI Angkatan Darat, melaksanakan Wasgiat khususnya Binmusmontra di Bintaljarahdam VI/Mlw.
Subdisbinmusmontra Disjarahad melaksanakan Wasgiat di Bintaljarahdam VI/Mlw pada TW II TA 2022 tanggal 17 s.d 20 Mei 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan dari kabintaljarahdam VI/Mlw yg diwakili oleh Kalakjarah Letkol Inf Drs. Baharuddin, M.Si., dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kasubdisbinmusmontra Disjarahad, Kolonel Inf Drs. Wardus Tamba, M.M., tentang maksud dan tujuan serta mekanisme pelaksanaan Wasgiat.
Kegiatan berikutnya pencerahan materi tentang pengelolaan Museum dan Monumen oleh Kabagbinmusmon Subdisbinmusmontra Disjarahad Letkol Inf Drs. Usman Sukisman, M.Hum., Penyelenggaraan Tradisi di satuan oleh Kabagbintra Subdisbinmusmontra Disjarahad Letkol Caj Drs. Prasetyo P, dan Sosialisasi Pedoman Tradisi Penerimaan Personel Baru di satuan oleh Kasiidevpres Bagbintra Subdisbinmusmontra Disjarahad Mayor Caj Abdul Yasir. Setelah menerima pencerahan seluruh anggota Bintaljarahdam VI/Mlw mengisi checklis yang disiapkan oleh tim Wasgiat.
Hari berikutnya Wasgiat dilaksanakan di Museum Mulawarman untuk mengecek pengelolaan koleksi museum di sana. Perlu disampaikan bahwa museum Kodam VI/Mlw memiliki kurang lebih 134 koleksi yang sarat dengan nilai-nilai perjuangan Kodam VI/Mlw dalam merebut, menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Di sela-sela pengecekan koleksi Katim memberikan pencerahan terkait pentingnya administrasi pengelolaan museum,penataan koleksi berdasarkan storyline dan pemeliharaan koleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Di akhir kegiatan, Katim Wasgiat memberikan hasil Wasgiat Binmusmontra kepada personel yang mengawaki Binmusmontra di Bintaljarahdam VI/Mlw.

Tuliskan Komentar