WASGIAT DISJARAHAD di BINTALJARAH KOPASSUS

Jumat, 22 Jul 2022, 13:24:28 WIB, 264 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Subdisbinmusmontra Disjarahad telah melaksanakan Wasgiat Pembinaan Museum, Monumen dan Tradisi (Binmusmontra) di Bintal Kopassus pada Tw III TA 2022 dari tanggal 11 s.d 13 Juli 2022. Adapun kegiatan yang dilaksanakan antara lain:
Pengarahan dari Kasubdisbinmusmontra Disjarahad, Kolonel Inf Drs. Wardus Tamba, M.M., tentang maksud dan tujuan serta mekanisme pelaksanaan Wasgiat Binmusmontra di Bintal Kopassus. Selanjutnya diberikan tiga materi pencerahan, yaitu: Pengelolaan Museum dan Monumen oleh Letkol Inf Drs. Usman Sukisman, M.Hum., materi Penyelenggaraan Tradisi di Satuan Jajaran TNI AD oleh Letkol Caj Drs. Prasetyo Pudjiarno, dan Bimbingan Teknis Penjabaran Progja Binmusmontra ke dalam bentuk Renlakgiat dan Laplakgiat oleh Kolonel Inf Drs. Wardus Tamba, M.M. Setelah kegiatan pencerahan dilanjutkan dengan pengisian checklist Binmusmontra oleh personel yang mengawaki Binmusmontra di Bintal Kopassus.
Pada hari kedua pelaksanaan Wasgiat Binmusmontra, Tim Wasgiat Disjarahad mengunjungi Museum L.B. Moerdani Bintal Kopassus untuk mengecek pelaksanaan kegiatan pengelolaan museum. Museum L.B. Moerdani memiliki kurang lebih 74 koleksi senjata dan kurang lebih 100 benda-benda koleksi lainnya yang sarat dengan nilai-nilai perjuangan Kopassus dalam melaksanakan berbagai penugasan baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Di Museum L.B. Moerdani tim Wasgiat secara aktif mengecek seluruh koleksi yang ada di ruangan berikut dengan panataannya. Di tengah pengecekan koleksi, Ketua Tim memberikan praktek terbimbing berkaitan dengan sistem penyajian koleksi di ruang pameran. Di akhir kegiatan, Katim Wasgiat Binmusmontra Disjarahad memberikan evaluasi tentang pelaksanaan kegiatan pengelolaan museum dan monumen serta penyelenggaraan tradisi yang diikuti oleh seluruh Perwira dan PNS Gol III di Bintal Kopassus.

Tuliskan Komentar