MTS AL MUBAROK KOTA TANGERANG BERKUNJUNG KE MUSEUM & MONUMEN PETA

Rabu, 07 Feb 2024, 14:44:34 WIB, 50 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang  pada hari Rabu tanggal 7 Februari 2024 melaksanakan kunjungan ke Museum dan Monumen PETA yang berada di Bogor.

Bapak Mukafi, S.Ld selaku kepala sekolah MTs  Al Mubarok menyampaikan bahwa kunjungannya ke Musmon PETA sudah jauh hari diagendakan yaitu sebagai kegiatan refreshing serta untuk menambah wawasan baru dalam upaya menanamkan nilai-nilai luhur para pahlawan kusuma bangsa kepada para siswanya.

Rombongan tiba di Musmon PETA Pkl. 09.00 WIB dan diterima oleh Kamusmon PETA Kapten Caj Dina Hamdani Nugraha. Setelah mendapatkan arahan rombongan siswa yang berjumlah 187 orang tersebut selanjutnya di bagi menjadi dua kelompok untuk memasuki museum.

Setelah memasuki Museum dari lorong ke lorong para siswa semakin antusias ketika mendapat penjelasan dari pemandu tentang perjuangan pasukan suka rela bentukan Jepang (PETA) tersebut yang sengaja disiapkan Jepang untuk menghadapi Sekutu.

Untuk itu peran PETA dalam sejarah militer Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Keberadaan mereka menjadi saksi penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pembentukan dan keberadaan PETA telah memberikan dorongan dan inspirasi bagi perkembangan militer Indonesia setelah kemerdekaan. Nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme yang dijunjung tinggi oleh PETA terus ditanamkan dalam tradisi dan budaya TNI hingga saat ini. Semangat inilah yang harus dipupuk kembangkan kepada para generasi muda dalam upaya menanamkan semangat akan cinta tanah air.

Sebelum meninggalkan lokasi Musmon PETA Kepala Sekolah MTS Al Mubarok Kota Tangerang  bapak Mukafi, S.Pd menyampaikan terimakasih kepada  Musmon PETA yang telah memfasilitasi dan memberikan arahan kepada para siswanya. Selama kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

#bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya

#jangan sekali-kali meninggalkan sejarah

#salam sejarah

Tuliskan Komentar