KEGIATAN PELAKSANAAN PENATARAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN (PAMA DAN PNS GOL. III) TNI AD TA 2022

Selasa, 31 Mei 2022, 08:30:57 WIB, 188 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Pada program Kerja dan anggaran Disjarahad sesuai Keputusan Kadisjarahad Nomor Kep/138/XII/2021 tanggal  22 Desember 2021 tentang Program Kerja dan Anggaran Disjarahad TA 2022, salah satu kegiatannya adalah pelaksanaan penataran pengelolaan perpustakaan (Pama dan PNS Gol. III) TNI AD, yang dilaksanakan dibawah Bagjartar Subdisbinfung sebagai pelaksanaan kegiatan Penataran.

Pelaksanaan penataran dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 11 Mei s.d. 23 Mei 2022 dengan jumlah peserta penataran sebanyak 40 orang dari satuan Kotama/ Balakpus TNI AD. Adapun satuan yang mengirimkan peserta antara lain; Kostrad, Kodiklatad, Puspomad, Kodam I/BB s.d. Kodam VI/Mlw, Kodam XI/Udy, Kodam XII/Tpr, Kodam XIII/Mdk, Kodam XIV/Hsn, Kodam XVI/Ptm, Kodam XVIII/Ksr, Kodam Jaya dan Koam IM, Kopassus, Puspenerbad, Pusziad, Pushubad, Pusbekangad, Seskoad, Akmil, Secapaad, Pusintelad, Pussansiad, Ditajenad, Ditkuad, Ditkumad, Disbintalad, Dislitbangad, dan Disjasad.

Pelaksanaan penataran bertempat di Pusdikku Kodiklatad Jl. Sindang Sirna No. 6 Bandung Jawa Barat serta pelaksanaan pembukaan di Aula Madisjarahad Jl. Belitung No. 6 Bandung Jawa Barat yang sudah dibuka pada tanggal 11 Mei 2022 oleh Kadisjarahad Brigjen TNI R.L. Simanjuntak.

Maksud dan tujuan diadakannya penataran pengelolaan perpustakaan diharapkan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Pama dan PNS Gol. III TNI AD dalam melaksanakan pengelolaan perpustakaan di satuan masing-masing sehingga perpustakaan yang ada lebih tertata dan pelayanannya lebih bagus serta terpelihara dan terawat koleksi buku perpustakaan yang sudah ada,  sehingga minat para pembaca jauh lebih meningkat.

Adapun materi yang diberikan oleh penatar dari Dinas Sejarah Angkatan Darat sebagai berikut:

1.       Mayor Caj Dadang Darmawan, S.E., M.M. (Pengantar Pengetahuan Perpustakaan); 

2.       Mayor Caj (K) Endang Winarni (Pengembangan Bahan Koleksi Perpustakaan);

3.       Letkol Caj Rahman, S.M. (Klasifikasi Koleksi Perpustakaan);

4.       Letkol Caj Abdul Malik, S.M (Katalogisasi Koleksi Perpustakaan);

5.       Mayor Caj Asep Mulyono, S.E (Pelayanan Perpustakaan);

6.       Letkol Inf Daldiri Dwi P. M.Si. (Pemeliharaan   dan  Perawatan Koleksi Perpustakaan).

          Serta adanya pemberian kuliah umum tentang Perpustakaan dari Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jabar dengan pembicara Dr. Hj. Oom Nurrohmah, M.Si.

          Seluruh materi yang terjadwal dalam penataran semuanya telah disampaikan oleh para penatar dari Disjarahad, untuk kegiatan penataran pengelolaan perpustakaan ditutup pada tanggal 23 Mei 2022. Selaku Pimpinan Acara oleh Kasubdisbindoklistaka Disjarahad Kolonel Arm Cosmas Pramundhito, S.H., yang mewakili Kadisjarahad bertempat di Aula Panglima Besar Jenderal Soedirman di Madisjarahad Bandung.

Tuliskan Komentar