DIKREG LXIII SESKOAD TA.2023 BERKUNJUNG KE MUS. JEND. BESAR DR. A.H. NASUTION DAN MUS. JEND. A. YANI

Kamis, 09 Nov 2023, 12:41:39 WIB, 5927 View Disjarah, Kategori : Berita Satuan

Hari Rabu tanggal 8 November 2023, Siswa Dikreg LXIII Seskoad TA. 2023 berjumlah 201 siswa, terdiri dari: 173 siswa dari TNI AD, 2 siswa dari TNI AL, 2 siswa dari TNI AU, 18 siswa dari Kepolisian, 6 siswa dari Mancanegara. Rombongan dipimpin oleh Kolonel Inf Erwin F Barend beserta 5 orang Perwira Penuntun (Patun) dari Seskoad.

Rombongan tiba di Museum Jenderal Besar Dr. AH. Nasution di Jl. Teuku Umar No. 40 Menteng Jakarta Pusat pukul 10.20 WIB. Setiba di Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution, rombongan diterima oleh Kolonel Inf Tobroni selaku Kasubdisbinmusmontra Disjarahad.

Guna mengoptimalkan dan mengefektifkan waktu  kunjungan maka rombongan dibagi menjadi 2 Kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 100 siswa, untuk selanjutnya secara bergantian berkunjung ke Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution sedangkan kelompok lainnya berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani di Jl. Lembang D 58 Menteng Jakarta Pusat.

Rombongan yang berada di Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution dipandu oleh Kapten CZI Sunardi, Peltu Anwarudin dan Serda Ali Suprapto untuk melihat dan menelusuri jejak peristiwa yang dialami Jenderal Besar Nasution pada malam peristiwa tragedi berdarah Gerakan 30 September 1965. Dimana Jenderal Nasution menjadi salah satu target penculikan dan pembunuhan yang dilakukan oleh suatu Gerakan yang menamakan dirinya Gerakan 30 S/PKI.

Akan tetapi Jenderal Nasution berhasil lolos dari penculikan dan pembunuhan, tetapi Kapten Piere Tendean selaku Ajudan dan Ade Irma Suryani (putri kesayangan Jenderal Nasution) menjadi korban dalam peristiwa itu.

Sedangkan rombongan yang berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani, setiba di Museum diterima oleh Letkol Inf Usman beserta Kapten Inf Agus Jamaludin. Setelah disambut secara resmi, rombongan selanjutnya dipandu oleh Kapten Inf Agus Jamaludin, Peltu Wawan Sutrisno, Peltu Hadi Saputro dan PNS Hilmy Halim.

Rombongan dipandu untuk melihat koleksi yang ditinggalkan oleh Jenderal Ahmad Yani serta titik dimana jatuhnya Jenderal Ahmad Yani setelah mendapat berondongan tembakan para penculik pada peristiwa G 30 S/PKI.

Pemandu menjelaskan secara kronologis peristiwa itu. Para siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias. Kunjungan berakhir pukul 13.00 WIB, berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

#sejarah adalah guru terbaik dalam kehidupan

#jangan sekali-kali meninggalkan sejarah

#salam sejarah

Tuliskan Komentar